Friday 26 July 2013

[Review] The Conjuring: Kisah Rumah Berhantu Ditahun 70-an






#Description:
Title: The Conjuring (2013)
Casts: Ron Livingston, Lili Taylor, Patrick Wilson, Vera Farmiga, Shanley Caswell, Hayley McFarland, Joey King, Mackenzie Foy, Kyla Deaver
Director: James Wan
Studio: New Line Cinema & Warner Bros Pictures




#Trailer:

Official Trailer The Conjuring (2013)


#Synopsis:
Pasangan suami istri Roger Perron (Ron Livingston) Carolyn Perron (Lili Taylor) beserta ke-5 anak perempuan nya baru saja pindahan ke rumah baru mereka disebuah pedesaan yang sejuk lengkap dengan halaman yang luas dan sebuah danau didepan rumah. ke-5 anak perempuan tersebut sangat antusias dengan rumah baru nya karena lebih luas daripada rumah sebelumnya.
Tapi, semua keceriaan keluarga Perron mulai terganggu ketika serangkaian kejadian janggal terjadi dirumah tersebut. Suara langkah kaki, pintu terbuka dengan sendiri nya, suara bisikan bisikan hingga bau busuk yang menyengat  yang selalu muncul ketika pukul 03:07 dini hari.
"Terror" kepada keluarga Perron pun mulai meningkat ketika Roger Perron dan Carolyn Perron menemukan ruangan bawah tanah dirumah mereka. Setiap malam beberapa anak Perron mulai merasakan kaki mereka seperti ditarik oleh sesuatu, melihat bayangan misterius, selalu tidur sambil berjalan dan berhenti berdiri didepan sebuah lemari tua. Tak hanya ke-5 anaknya saja yang mengalami terror, sang ibu, Carolyn Perron juga mengalaminya hingga dibeberapa bagian tubuh nya membiru seperti luka lebam.
Merasa ada sesuatu yang tak beres dirumah itu, Carolyn Perron pun berkonsultasi dan meminta bantuan kepada pasangan suami istri yang terkenal sebagai "Ghost Hunter" yaitu Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga). Ed Warren awalnya sempat menolak tapi akhirnya membantu keluarga Perron dikarenakan sang istri Lorraine Warren yang mempunyai indera keenam melihat sebuah kebahagiaan dan kehangatan sebuah keluarga dalam keluarga Perron.
Setelah melakukan investigasi bersama kedua rekan nya, Ed Warren dan istrinya tidak menyangka ternyata sosok yang mereka hadapi saat ini adalah sesosok iblis yang sangat kuat bernama Bathsheba.


#Reviews:
Setelah kesuksesan luar biasa lewat Film Insidious (2010) lalu yang mendapatkan respon sangat positif dari para kritikus dunia, kini sutradara muda James Wan kembali menyajikan sebuah Film Horror berjudul The Conjuring.
Untuk segi cerita, sebenarnya The Conjuring ini tidaklah baru, sebuah keluarga tinggal dirumah baru dan mendapat terror menyeramkan dari si "penunggu" rumah tersebut. Beruntung, James Wan sangat berhasil membuat cerita ini menjadi lebih berisi dan tidak sekedar menakut-nakuti.
Disepanjang film, intense ketegangan horror nya pun terjaga dengan baik, diawal film kita seperti diberi "pemanasan" dengan adegan-adegan yg memang sangat berhasil membuat kaget, kemudian pertengahan film kita diajak untuk olahraga jantung dan berkata "F*ck" sebanyak banyaknya hingga di endingnya yang merupakan klimaks kita seperti tidak diberi nafas oleh James Wan.
Untuk segi setting lokasi dan waktu, The Conjuring ini begitu indah tapi menyeramkan! Nuansa 1970-an nya begitu kuat terasa disepanjang film, properti, wardrobe nya pun begitu detail. James Wan juga tak lupa menyelipkan sebuah scene dengan menggunakan nuansa vintage yang membuat film ini makin keren. Inilah salah satu kelebihan dari The Conjuring.
Untuk segi casts, hampir semua casts tampil meyakinkan! Ekspresi mereka begitu natural disepanjang film, Two thumbs up untuk Lily Taylor juga Vega Farmiga yang sangat berhasil memerankan Carolyn Perron & Lorraine Warren. Tak lupa juga untuk ke-5 anak perempuan difilm ini yang begitu alami, polos dan mencuri perhatian sepanjang film.
Untuk segi musik scoring,  The Conjuring ini masih ada beberapa part yang masih terasa Insidious banget dan "setan" nya pun sama, sekilas ada kemiripan make-up dengan "setan" di Insidious. Tapi tak menjadi masalah serius toh The Conjuring dan Insidious berasal dari satu sutradara yaitu James Wan.
Tertinggal beberapa pertanyaan setelah menonton The Conjuring, apakah ada kaitannya Boneka Annabelle dengan keluarga Perron? dan kasus apakah yang akan kembali dihadapi duo Warren ini? Sepertinya akan ada The Conjuring 2 nih!
Overall, The Conjuring it's a another Classic Horror Movie after Mama in this year! Worth it to watch on Cinemas!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment