Thursday 20 November 2014

[Review] Angker: Kisah Menyeramkan Dari Bangil Jawa Timur


#Description:
Title: Angker (2014)
Casts: Lia Waode, M.Yusuf, Armeena Yusuf, Muhammad Iqbal, Adinda Zivia, Ariel YP, Agung Ayu, Sophia
Director: M. Yusuf
Studio: Triple A Films


#Trailer:

Official Trailer Angker (2014)


#Synopsis:
Harun (M. Yusuf) beserta istri Ratna (Lia Waode) dan ketiga anaknya baru saja pindah rumah ke wilayah Bangil, Jawa Timur. Harun merupakan seorang kontraktor yang pekerjaanya sering berada diluar kota dan jauh dari keluarga. Akibatnya Ratna & ketiga anaknya sering ia tinggalkan. Di hari pertama tinggal dirumah tersebut, sudah banyak hal ganjil yang Ratna alami. Tiap tengah malam ia selalu mendengar suara-suara aneh. Anak-ananya pun ikut merasakan hal yang sama. Anak ketiga yang paling kecil juga sering terlihat sedang berbicara dengan seseorang yang ia panggil Mbah Tun (Agung Ayu). Kedua kakaknya pun mengalami hal serupa. Bahkan suatu malam, salah satu dari ketiga anak mereka mengalami kerasukan setelah melihat sebuah lukisan diruangan belakang rumah yang mereka tempati.
Dengan kejadian aneh yang terus berlanjut, kondisi Ratna semakin tertekan. Ia kemudian mencoba meminta bantuan kepada seorang dukun untuk mengusir mahluk-mahluk jahat itu, namun sang dukun malah mengingatkan Ratna untuk berhati-hati dan tidak gegabah karena mahluk jahat yang sedang ia hadapi ternyata sosok mahluk berbahaya.
Dengan bantuan sang dukun, akhirnya Ratna mengetahui siapa sebenarnya sosok jahat yang selalu mengganggu rumahnya. Sosok yang sangat berbahaya dan mempunyai masa kelam pada masa lalu. Akankah Ratna beserta ketiga anaknya bisa terbebas dari gangguan mahluk jahat tersebut?


#Review:
Kesuksesan sutradara Film KEMASUKAN SETAN (2013) M.Yusuf dalam membangun cerita & intense horror pada tahun lalu membuat para pecinta & kritikus Film Indonesia menobatkan Film yang dibintangi Aldi Taher itu menjadi Film Indonesia paling menyeramkan ditahun 2013. Meskipun sangat disayangkan minimnya promosi membuat film tersebut hanya sebentar tayang dibioskop karena sepi penonton.
Kali ini ditahun 2014 tepatnya bulan November, M.Yusuf bekerjasama dengan Sapu Jagat Films, Bali Bumerang Films & SufLines kembali menghadirkan sebuah Film Horror Indonesia yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 1979 diwilayah Bangil Jawa Timur. Dan secara mengejutkan Film ANGKER ini kembali tampil memuaskan seperti Film KEMASUKAN SETAN.
Ditangan M.Yusuf Film ANGKER ini menghadirkan intense horror terjaga dengan baik dari awal hingga film usai. Diawal film, ketegangan dibangun secara perlahan lewat moment jumpscare yang minim namun mengundang penasaran. Menuju pertengahan hingga akhir, DHUAR! klimaks horror dieksekusi dengan cukup baik. Bersiaplah untuk dibuat merinding secara terus menerus lewat adegan Ratna yang diperankan dengan begitu memukau dan sangat berani oleh Lia Waode yang meminta bantuan pada dukun & menjalani ritual yang dilakukan oleh dukun tersebut.
Tak bisa dipungkiri, Film ANGKER ini sekilas mempunyai kesamaan dengan salah satu film horror karya James Wan yaitu INSIDIOUS. Namun M.Yusuf berhasil meminimalisir kemiripan tersebut dengan menambahkan kepercayaan dan ritual yang dianut oleh masyarakat lokal.
Lia Waode yang didaulat sebagai pemeran utama secara mengejutkan tampil memuaskan di Film ANGKER. Ia begitu total memerankan sosok seorang ibu bernama Ratna yang tak mau keluarga nya diganggu oleh mahluk jahat. Keberanian nya dipertengahan hingga akhir film sangat layak diberi angkat jempol meskipun diawal film ia sangat sedikit dialog yang diucapkan.
Moment menyeramkan nya pun berhasil disajikan dengan baik. Musik scoring nya juga berhasil menambah efek seram. Yang cukup mengganggu menurut saya mungkin cuma close-up Mbah Tun nya saja. Padahal dengan tanpa close-up pun sosok-sosok misterius yang hadir di Film ANGKER ini sudah sangat menyeramkan. Penampakan pocong, kuntilanak dan genderewo merupakan penampakan yang paling berkesan difilm ini. Properti nuansa tahun 1979 nya juga cukup efektif membantu kesan tahun 70'an. Tidak seperti Film Horror Indonesia yang pada Halloween lalu dirilis, begitu menyakitkan mata dan telinga h3h3h3.
Overall, sebagai sebuah Film Horror Indonesia, ANGKER memuaskan! M.Yusuf kembali membuktikan keseriusan nya menggarap sebuah Film Horror yang benar-benar 100% horror! Menurut saya sejauh ini Film ANGKER adalah Film Horror Indonesia yang paling menyeramkan ditahun ini. 


[8.5/10Bintang]

2 comments:

  1. Untuk alamat mbah jonggol itu dimana N mntak info ny...! Tank

    ReplyDelete
  2. Untuk alamat mbah jonggol itu dimana N mntak info ny...! Tank

    ReplyDelete