Sunday 16 November 2014

[Review] Interstellar: Perjalanan Spektakuler Mencari Planet & Galaksi Baru



#Description:
Title: Interstellar (2014)
Casts: Matthew McConaughey, Anna Hathaway, Michael Caine, Jessica Chastain, Mackenzie Foy, Ellen Bursthyn, John Lithgow, Matt Damon, David Gyasi, Bill Irwin, Timothee Chalamet, William Devane, Josh Steward, Casey Affleck, 
Director: Christopher Nolan
Studio: WarnerBros Pictures, Legendary Pictures, Paramount Pictures


#Trailer:

Official Trailer Interstellar (2014)


#Synopsis:
Kondisi bumi semakin parah dan tak layak huni. Tanah menjadi tandus dan gersang, badai debu pun sudah menjadi "makanan" sehari-hari untuk warga bumi. Profesi menjadi petani pun menjadi profesi yang paling dicari & dibutuhkan dibandingkan para insinyur-insinyur handal. Bahkan, seorang pilot pesawat luar angkasa sekaligus mantan insinyur NASA bernama Cooper (Mattehw McConaughey) pun sekarang beralih profesi menjadi petani lahan jagung dirumahnya bersama kedua anaknya, Tom (Timothee Chalamet) dan Murphy (Mackenzie Foy) serta ayah dari almarhum isterinya Donald (John Lithgow).
Cooper yang merupakan insinyur NASA mempunyai hobi menjelajah dan mencari apapun yang berkaitan dengan hal-hal ilmiah. Hal itu terlihat ketika ia mengejar dan berhasil mengendalikan sebuah pesawat mata-mata yang melintasi area perkebunan jagungnya bersama dengan kedua anaknya. Ada satu hal cukup aneh terjadi dikamar Murphy. Buku yang tersimpan dirak selalu tiba-tiba jatuh sendiri. Pola & waktu jatuh nya pun tidak sembarangan, Murphy meyakini kalau kejadian tersebut mempunyai pesan tertentu dari seseorang yang ia sebut sebagai Hantu. Tentu hal itu tidak dipercayai Cooper yang sangat logis dan ilmiah.
Suatu hari, ketika Cooper mengajak kedua anaknya menyaksikan pertandingan baseball, badai debu datang. Mereka lantas langsung kembali pulang kerumah. Sesampainya dirumah, Murphy kembali menemukan keanehan dikamarnya, debu-debu yang masuk kekamarnya itu malah membentuk sebuah pola. Pola yang kemudian mereka diselidiki ternyata sebuah pola yang menunjukkan titik koordinat suatu tempat.
Tempat tersebut ialah sebuah markas rahasia milik NASA yang dipimpin oleh Professor Brand (Michael Caine). Disinilah Cooper kembali mendapat tugasnya sebagai seorang pilot luar angkasa NASA. Ditemani oleh anak semata wayang Professor Brand, Mrs. Brand (Anna Hathaway), Romilly (David Gyasi) dan Smith (Andrew Borba). Ketiga nya ditugaskan untuk observasi mencari galaksi & planet baru pengganti bumi yang kini sudah tak layak huni. Dengan berbekal segala ilmu pengetahuan yang mereka ketahui bisakah ketiganya menemukan pengganti bumi diluar galaksi?


#Review:
Salah satu Sutradara Kelas-A yang dimiliki Hollywood yaitu Christopher Nolan tahun ini merilis sebuah film fiksi ilmiah tentang luar angkasa. Film yang konon menghabiskan ratusan juta dollar amerika serikat ini digadang-gadang sebagai kandidat film terbaik di Oscar 2015 mendatang.
Nolan lagi-lagi berhasil menyajikan sebuah film dengan cerita yang sebenarnya sangat sederhana "perjalanan mencari planet baru pengganti bumi" menjadi sebuah cerita yang berlapis, kompleks dan banyak twist. Jujur, bagi saya menonton film-film karya Nolan harus lebih dari sekali biar bisa bilang "OH JADI GITU FILMNYA" hehe.
Lewat cerita dan dialog yang dihadirkan lewat para pemain, Nolan berhasil memberi pengetahuan tentang teori-teori fisika luar angkasa & itu menjadi nilai lebih untuk Interstellar. Bahkan pihak film pun merilis sebuah aplikasi Interstellar berbasis iOS dan Android sebagai "tutorial atau guide" bagi para penonton.
Untuk sisi visual dan musik, Interstellar sangatlah spektakuler. Nolan berhasil menyajikan pemandangan luar angkasa seperti visual pesawat luar angkasa, galaksi, deretan planet, wormhole hingga blackhole dengan dahsyat. Visual yang dihadirkan GRAVITY (2013) sebagai salah satu film luar angkasa terbaik pun jadi terlihat sangat sederhana jika dibandingkan dengan Interstellar.
Overall, Interstellar cukup memuaskan. Wajib ditonton lebih dari sekali jika tidak ingin menimbulkan pertanyaan ketika keluar dari bioskop.


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment