Thursday 18 December 2014

[Review] Pendekar Tongkat Emas: Film Indonesia Terbaik (lagi) Di Desember 2014


#Description:
Title: Pendekar Tongkat Emas (The Golden Cane Warrior) (2014)
Casts: Eva Celia, Reza Rahadian, Nicholas Saputra, Tara Basro, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Landung Simatupang, Aria Kusumah
Director: Ifa Isfansyah
Studio: Kompas Media, MiLes Films


#Trailer:

Official Trailer Pendekar Tongkat Emas (2014)


#Synopsis:
Cempaka (Christine Hakim) adalah seorang guru silat senior dari perguruan Tongkat Emas. Ia mempunyai 4 murid yang dididiknya. Mereka adalah: Dara (Eva Celia), Angin (Aria Kusumah), Biru (Reza Rahadian) & Gerhana (Tara Basro). Dara, Biru & Gerhana merupakan anak dari orangtua yang dibunuh oleh Cempaka kemudian ia adopsi untuk menjadi seorang Pendekar Tongkat Emas. Sedangkan Angin (Aria Kusumah) adalah murid terkecil dan sekaligus anak yang Cempaka adopsi.
Keempatnya sangat rajin berlatih untuk mendapatkan gelar Pendekar serta Tongkat Emas dari Cempaka. Biru yang merupakan murid paling senior sangat berambisi untuk mendapatkan predikat tersebut. Tapi yang terjadi, Cempaka memberikan Tongkat Emas tersebut pada Dara bukan pada dirinya.
Tak hanya Tongkat Emas saja, Dara pun mendapat warisan sebuah jurus andalan yang tak pernah terkalahkan yaitu jurus Tongkat Emas Melingkar Bumi. Cempaka pun mengajak Dara untuk berlatih jurus tersebut ke tempat tinggal Naga Putih (Darius Sinathrya) bersama Angin. Disisi lain, Biru yang sangat ambisius mendapat predikat Pendekar Tongkat Emas kecewa dengan keputusan Cempaka. Kekecewaan nya itu membuat Biru menjadi gelap mata. Dibantu oleh Gerhana ia lalu membunuh Cempaka kemudian merebut Tongkat Emas dari tangan Cempaka & Dara.
Dengan keterbatasan ilmu silat yang dimiliki oleh Dara & Angin, keduanya hanya bisa berlari kabur menghindar dari Biru & Gerhana. Hingga keduanya terperosok kesebuah jurang dan diselamatkan oleh Elang (Nicholas Saputra). Untuk sementara waktu, keduanya berlindung di tempat tinggal Elang. Ditengah kondisinya yang belum pulih, Dara & Angin tetap keukeuh ingin melanjutkan perjalanannya menemui Naga Putih.
Disi lain, Biru & Gerhana terus mencari keberadaan Dara & Angin. Ia memutarbalikkan fakta sesungguhnya dan menghasut perguruan-perguruan silat lainnya. Ditengah keterbatasan ilmu silat yang dimiliki oleh Dara, ia kemudian berlatih dibantu oleh Elang yang ternyata merupakan orang yang masih memiliki hubungan dengan Cempaka.
Bisakah Dara mendapatkan haknya kembali sebagai pemegang sah Tongkat Emas serta mengalahkan Biru & Gerhana yang merupakan sosok senior diperguruan silat?


#Review:
Setelah SUPERNOVA: KSATRIA, PUTRI & BINTANG JATUH (2014) yang sukses mencuri perhatian pecinta Film Indonesia pada minggu kedua dibulan Desember 2014 lalu, kali ini salah satu Film Indonesia yang paling ditunggu kehadirannya (setelah SUPERNOVA: KPBJ) yaitu PENDEKAR TONGKAT EMAS akhirnya rilis secara reguler di Bioskop Indonesia mulai 18 Desember 2014.
Dibintangi oleh deretan aktor-aktris terbaik Indonesia. Diproduseri oleh produser Film ADA APA DENGAN CINTA & LASKAR PELANGI serta disutradarai oleh sutradara Terbaik Festival Film Indonesia 2012 lewat SANG PENARI & 9 SUMMERS 10 AUTUMNS membuat PENDEKAR TONGKAT EMAS atau yang mempunyai judul Internasional: THE GOLDEN CANE WARRIOR ini sangat menggiurkan untuk ditonton ditahun ini.
Kesuksesan ide cerita PENDEKAR TONGKAT EMAS yang meraih penghargaan & mendapat juara serta biaya produksi film sebesar Rp.20.000.000.000,- pada sebuah ajang penghargaan di Korea beberapa tahun yang lalu ini kemudian bisa ter-realisasi menjadi sebuah Film Bioskop pada akhir tahun 2014 ini. Meskipun cerita tentang balas dendam, pengkhianatan yang dibumbui aksi silat sudah banyak sekali digarap oleh sineas China ataupun Korea, PENDEKAR TONGKAT EMAS ini tetap memberikan suasana segar di Industri perfilman Indonesia. Konflik serta cerita sangat digarap dengan baik oleh Ifa Isfansyah & Mira Lesmana.
Film Silat Indonesia ini semakin komplit dengan didukung oleh deretan aktor-aktris terbaik yang dimiliki Indonesia. Eva Celia tampil semakin memukau setelah kemunculannya dalam Film ADRIANA (2014). Comeback nya Nicholas Saputra ke dunia Film Indonesia pun sangat memuaskan difilmnya ini. Duet Antagonis yang dimainkan oleh Reza Rahadian & Tara Basro pun tampil mengintimidasi disepanjang film. Aura jahat yang dimiliki keduanya sangat terasa lewat eksperesi yang mereka tampilkan. Deretan pemain lainnya pun tampil tidak mengecewakan sama sekali seperti Christine Hakim, Slamet Rahardjo, serta debut akting bintang cilik Aria Kusumah cukup mencuri perhatian disepanjang film.


Untuk segi visualisasi, musik scoring serta koreografi pun tampil sangat memuaskan (lagi). Ifa Isfansyah berhasil dengan baik mengambil gambar terbaik Pulau Sumba lewat teknik pengambilan gambar yang memukau & tajam. Landscape pemandangan Pulau Sumba pun ter-eksplor dengan sangat baik. Tak hanya itu, musik scoring pun menggema dengan begitu indah. Koreografi silat serta pertarungan epic yang terjadi diending film sangat memukau. Sedikit efek CGI yang ditempelkan dibeberapa adegan masih terlihat cukup kasar menurut saya.
Overall, PENDEKAR TONGKAT EMAS sangat memuaskan. Mega Proyek kolaborasi Ifa Isfansyah & Mira Lesmana sukses sebagi salah satu Film Indonesia Terbaik ditahun 2014 ini. KEREN!!!!


[9.8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment