Wednesday 15 April 2015

[Review] Tuyul Part 1: Terror Sosok Tuyul Di Rumah Tak Berpenghuni



#Description:
Title: Tuyul Part 1 (2015)
Casts: Dinda Kanya Dewi, Gandhi Fernando, Citra Prima, Inggrid Widjanarko, Frans Nicholas
Director: Billy Christian
Studio: Renee Pictures


#Trailer:

Official Trailer Tuyul Part 1 (2015)


#Synopsis:
Mia (Dinda Kanya Dewi) dan suaminya Daniel (Gandhi Fernando) terpaksa harus kembali ke rumah masa kecil Mia dipedesaan akibat ada sedikit permasalahan dalam pekerjaan Daniel. Rumah tersebut sudah lama tidak diisi semenjak kematian almarhum ibu Mia ketika masih anak-anak. Rumah yang mayoritas terbuat dari bahan dasar kayu itu menyimpan beberapa barang-barang antik dan vintage. Sedari kecil Mia selalu mempunyai perasaan yang tak enak akan rumah itu, namun mau tak mau demi sang suami yang kebetulan juga mendapat proyek didekat rumah tersebut ia mau tinggal dirumah tersebut.
Setelah beberapa hari tinggal dirumah tersebut, Daniel menemukan sebuah ruangan dilantai atas yang ia gunakan sebagai ruang kerja. Disana pula ia menemukan sebuah botol kosong. Semenjak penemuan botol tersebut, Mia mengalami kejadian-kejadian dan suara-suara aneh selama tinggal dirumah masa kecilnya itu. Ia menjadi ketakutan dan khawatir dengan kondisi dirinya yang tengah hamil tujuh bulan ditambah dengan hadirnya mimpi-mimpi buruk yang selalu menemaninya tiap malam. Ketakutan Mia semakin membesar setelah ia berkenalan dengan Karina (Citra Prima) yang merupakan tetangganya. Ia meyakini kalau Karina yang anti-sosial dan selalu mengurung diri itulah penyebab kejadian aneh yang menimpa dirinya.
Sikap Daniel pun semakin berubah dan lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan istrinya yang tengah hamil tua. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Mia kemudian mencari informasi apapun tentang tetangga sebelahnya & kejadian-kejadian aneh yang menimpanya yang dibantu oleh Bibi (Inggrid Widjanarko) Asisten Rumah Tangga yang pendiam yang telah mengabdi lama pada almarhum Ibu nya Mia.
Rupanya semua kejadian aneh yang menimpa Mia berasal dari ulah sosok Tuyul. Dan yang mengejutkan lagi, Tuyul tersebut mempunyai ikatan dan silsilah dalam keluarga besar Mia. Bisakah Mia & anak yang dikandungnya terbebas dari gangguan Tuyul?



#Review:
Dengan materi promosi serta faktor produksi film yang dipersiapkan sangat matang, tak heran jika TUYUL PART 1 ini memancing rasa penasaran para pecinta film Indonesia (termasuk saya) untuk menyaksikan nya di bioskop. Bahkan, saya rela nonton film arahan Billy Christian (HI5TERIA: KOTAK MUSIK, KAMPUNG ZOMBIE) ini pergi ke Bandung karena di Bioskop di Tasikmalaya tidak menayangkan film Tuyul Part 1.
Harus diakui dan diapresiasi kepada Billy Christian yang berhasil mengangkat sosok urban legend bernama Tuyul yang diangkat menjadi "Setan Utama" dalam sebuah film horror Indonesia. Billy Christian berhasil membangun atmosfer horror lewat property rumah dan angle-angle kamera yang baik. Intense horror dan jump scared yang diberikan pun cukup terjaga dari awal hingga akhir film meskipun diawal film menuju pertengahan entah kenapa agak sedikit monotone & bikin ngantuk. Beruntung menuju pertengahan hingga akhir film Intense horror lumayan meningkat setelah twist yang dihadirkan. 
Jajaran pemain (terutama para wanita) difilm ini harus diakui memberikan akting terbaiknya. Dinda Kanya Dewi berhasil memerankan Mia dengan baik. Emosinya semakin layak diacungi jempol dipertengahan hingga akhir film. Namun sayang, perut 7 bulan yang diperlihatkan sangat tidak terlihat real. Inggrid Widjanarko & Citra Prima pun berhasil tampil misterius dengan minimnya dialog yang mereka hadirkan. Untuk pemain laki-lakinya yaitu Gandhi Fernando cuma bisa bilang.. Skip aja ya! H3h3h3
Untuk segi visual dan musik harus diakui TUYUL PART 1 ini memberikan kualitasnya. Namun sayang entah kenapa meskipun sudah didukung dengan sutradara yang handal serta visual dan musik yang cukup baik, TUYL PART 1 ini tidak memberikan sesuatu yang sangat menyeramkan usai menontonnya di bioskop. Mungkin sosok tuyul nya akan lebih seram jika tidak ditampilkan dengan kasat mata. Adegan favorit difilm ini versi saya ketika Lukisan memegang Mia. It's so creepy!
Overall, TUYUL PART 1 sebuah film horror Indonesia yang berhasil mengangkat sosok Tuyul terlihat lebih "mahal" dengan sedikit memberikan suasana menyeramkan. Semoga saja di Part 2 (kalau diproduksi) nanti sosok pemeran pria nya diganti dengan yang jauuuh lebih baik lagi. H3h3h3


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment