Saturday 25 July 2015

[Review] Surga Yang Tak Dirindukan: Belajar Sabar Dan Ikhlas Dalam Berbagi



#Description:
Title: Surga Yang Tak Dirindukan (2015)
Casts: Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, Raline Shah, Tantan Ginting, Kemal Palevi, Zaskia Adya Mecca, Vita Mariana, Hj. Ray Sitoresmi, Landung Simatupang, Sandrina Michelle, Aline Adita
Director: Kuntz Agus
Studio: MD Pictures


#Trailer:

Official Trailer Surga Yang Tak Dirindukan (2015)


#Synopsis:
Hidup Citra Arini (Laudya Cynthia Bella) mungkin akan menjadi dongeng yang paling indah dan diidamkan oleh seluruh wanita dimanapun. Memiliki kehidupan yang layak, mempunyai suami yang mencintainya sepenuh hati yaitu Prasetya (Fedi Nuril) dan hadirnya buah hati tersayang yang cantik bernama Nadia Citra Prasetya (Sandrina Michelle). Keluarga kecil yang bahagia ini tinggal disudut kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Kehidupan rumah tangga yang harmonis ini tidak pernah membuat Arini berprasangka buruk terhadap suaminya, meskipun sahabat-sahabat dekatnya yaitu Sita (Zaskia Adya Mecca) dan Lia (Vita Mariana) selalu bercerita keburukan pasangannya masing-masing.
Suatu hari, ketika perjalanan menuju kantor di Kulonprogo, Pras harus menolong seorang wanita pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan. Ia adalah MeiRose (Raline Shah). Wanita yang mencoba bunuh diri karena sang mempelai pria malah kabur ketika akan melangsungkan pernikahan. MeiRose tak sanggup lagi untuk hidup karena sekarang ia tengah hamil tua tanpa adanya sosok pendamping, ayah kandung pergi entah kemana dan ibunya tewas bunuh diri.
Beruntung, berkat Pras, nyawa MeiRose dan anak yang dikandungnya selamat. Karena rasa kasihan, Pras tidak tega meninggalkan MeiRose dan anaknya begitu saja. Terlebih MeiRose lagi lagi mencoba untuk melakukan bunuh diri ketika berada dirumah sakit. Untuk membujuk MeiRose agar tidak bunuh diri, Pras berjanji akan menikahinya.
Tidak disangka, setelah pernikahan yang tidak biasa ini, Meirose sangat berbahagia dengan pernikahannya dengan Pras. Meirose merasa terharu dan bahagia bisa bertemu dan dinikahi oleh laki-laki sebaik Pras. Dengan demikian resmi sudah Pras melakukan poligami. Pras semakin hari semakin merasa bersalah pada Arini, sementara disisi lain, Meirose sangat mencintai Pras.
Sahabatnya Pras yaitu Amran (Kemal Palevi) dan Hartono (Tantan Ginting) sangat terkejut dengan keputusan poligami yang Pras lakukan. Keduanya mempunyai pendapat yang berbeda mengenai kejadian ini. Hingga suatu hari, kejadian ini akhirnya tercium juga oleh Arini. Dongeng dan surga bahagia yang ia bangun selama ini akhirnya hancur. 
Bagaimana nasib rumah tangga Pras dan Arini selanjutnya? Bisakah Arini menerima semua mimpi buruk ini bahwa dirinya harus berbagi dengan wanita lain?


#Review:
Film terbaru dari rumah produksi Box Office Indonesia seperti Ayat-Ayat Cinta (2008), Habibie Dan Ainun (2012) dan Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (2014) kembali menghadirkan sebuah Film Drama Indonesia yang diangkat dari Novel Best Seller karya Asma Nadia berjudul SURGA YANG TAK DIRINDUKAN.
Kisah poligami yang diangkat dalam film ini dijamin akan membuat setiap penontonnya terharu, berkaca-kaca hingga meneteskan air mata (mungkin) disepanjang film. Alur cerita di awal film disajikan dengan gerak cepat dan ketika beranjak menuju pertengahan film, dimana isu poligami menjadi fokus cerita, alur kemudian bergerak lambat. Hal ini semakin efektif membangun suasana sendu dan menggali lebih dalam emosi para penontonnya. Meskipun ada beberapa adegan yang jika dibuang mungkin akan jauh lebih "nendang" dalam mengaduk-ngaduk emosi para penonton.
Untuk jajaran pemain, hampir secara keseluruhan memberikan penampilan terbaiknya. Harus diakui, Laudya Cynthia Bella adalah yang paling bersinar difilm arahan sutradara #RepublikTwitter (2012) ini. Film keduanya setelah Assalamualaikum Beijing (2014) dalam mengenakan hijab ini merupakan peningkatan kualitas yang melesat dari dia. Bella berhasil memerankan sosok Arini dengan segala emosi yang dimilikinya. Fedi Nuril pun tak mengecewakan dalam memerankan sosok pria yang melakukan poligami. Ini kedua kalinya Fedi melakukan poligami setelah difilm Ayat-Ayat Cinta (2008). Raline Shah pun tampil seperti biasanya, cantik dan manis seperti pada film-film sebelumnya, 5CM (2012), 99 Cahaya Dilangit Eropa (2013) dan Supernova: Ksatria, Putri, Bintang Jatuh (2014). Jangan lupakan juga Kemal Palevi dan Tantan Ginting. Keduanya tampil gemilang dalam memerankan sahabat dari Pras. Bahkan boleh dibilang hampir sejajar dengan kualitas Bella difilm ini.
Film arahan Kuntz Agus ini juga sedikit memberikan nuansa baru dalam teknik pengambilan gambar yaitu menggunakan kamera drone dibeberapa bagian. Namun yang cukup disayangkan ada beberapa adegan, backsoundnya terlalu over dan menghentak. Soundtrack utama yang berjudul Surga Yang Tak Dirindukan ini sukses membangun nuansa yang semakin sendu disepanjang film dengan alunan vokal dari Krisdayanti.
Overall secara keseluruhan, Film Surga Yang Tak Dirindukan adalah Film Indonesia paling super melo-drama ditahun 2015 ini. Recommended!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment