Wednesday 1 October 2014

[Review] Annabelle: Asal Usul Anabelle Akhirnya Terungkap


#Description:
Title: Annabelle (2014)
Casts: Annabelle Wallis, Ward Horton, Tony Amendola, Alfre Woodard, Kerry O'Malley, Brian Howe, Eric Ladin, Ivar Brogger, Keira Daniels
Director: John. R Leonetti
Studio: New Line Cinema & Warner Bros Pictures

#Trailer:

Official Trailer Annabelle (2014)


#Synopsis:
Mia (Annabelle Wallis) & John (Ward Horton) merupakan sepasang suami istri baru yang baru saja dikaruniai kehamilan pertamanya. Mereka tinggal disebuah komplek perumahan diperkotaan. Mereka hidup bahagia menjelang kehadiran anak pertamanya tersebut. Seluruh kamar bayi telah diisi oleh pernak-pernik bayi mulai dari Baby Box hingga tumpukan boneka-boneka. Mia merupakan seorang Ibu Rumah Tangga yang gemar menjahit baju dirumahnya sedangkan John adalah seorang pria yang sedang menempuh tugas akhir kuliahnya dibidang kedokteran dan akan melaksanakan tugas pertama nya sebagai seorang dokter disebuah rumah sakit.
Suatu hari, John memberikan sebuah kado besar untuk Mia, awalnya kado tersebut akan diberikan pada saat bayi mereka lahir, namun setelah mereka beradu pendapat John memutuskan untuk memberikan kado tersebut pada hari itu juga sebagai tanda permintaan maaf. Ketika kado dibuka, Mia sangat kaget dan bahagia karena mendapatkan sebuah boneka porselen lengkap dengan pakaian serba putih. Mia pun menyimpan boneka tersebut dikamar calon bayi.
Malam harinya, sebuah insiden terjadi. Tiba-tiba terdengar suara jeritan dirumah tetangga mereka, Sharon (Kerry O'Malley) dan Pete (Brian Howe). John pun kemudian mencari tahu apa yang terjadi dirumah tetangga nya tersebut. Setelah memeriksa isi rumah tetangga nya, John keluar dari rumah dengan baju berlumuran darah. Ia lantas menyuruh Mia untuk segera memanggil ambulance dan polisi setempat. Ketika menunggu kedatangan polisi dan ambulance, Mia diserang dan melukai kandungan Mia. Namun beruntung polisi datang dengan cepat dan berhasil melumpuhkan orang yang telah menyerang keluarga John.
Rupanya tetangga John & Mia tersebut diserang oleh sepasang kekasih penganut aliran sekte sesat, salah satunya adalah Annabelle Higgins. Keduanya berhasil dilumpuhkan oleh polisi namun Annabelle Higgins tewas dengan cara menggorok leher nya sendiri sambil memegang boneka porselen milik Mia. Kematian Annabelle Higgins tersebut lah yang menjadikan sebuah misteri dan arwah Annabelle kemudian masuk dan menetap dalam boneka porselen milik Mia. Setelah diselidiki oleh kepolisian, keluarga Annabelle Higgins memang benar menganut aliran sekte pemuja setan "Pengikut Ram".  Aliran sekte sesat pemuja setan ini kemudian menjadi headline news dimana-mana.
Semenjak kejadian tersebut, Mia mendapat perhatian lebih protektif dari John. Tetapi gangguan gangguan aneh itu masih saja terjadi salah satunya insiden dapur terbakar hingga menyebabkan Mia harus melahirkan. Semenjak kejadian dapur terbakar tersebut dan tidak ingin bayi nya mendapat gangguan, Mia dan John memutuskan untuk pindah rumah kesebuah apartemen diwilayah Pasadena California. Semua hal yang berkaitan dengan insiden penyerangan itu mereka tinggalkan dirumah lama termasuk boneka-boneka yang terjajar dikamar bayi, namun ada satu boneka yang meskipun sudah dibuang tetap mengikuti keluarga Mia & John, boneka tersebut adalah boneka pemberian John sbg hadiah kehamilan Mia. Padahal sebelumnya Mia telah menyuruh John untuk membuang jauh-jauh boneka tersebut karena boneka tersebut menjadi saksi penyerangan itu dan merupakan masukan juga dari Pendeta Perez (Tony Amendola).
Namun setelah pindah ke apartemen baru, rupanya keluarga kecil John & Mia terus mengalami kejadian-kejadian misterius. Mia pun berusaha menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi dengan bantuan Evelyn (Afre Woodard) seorang penjaga toko buku diseberang apartemen.
Mampukah keluarga John & Mia menguak misteri yang selama ini mengikutinya? Lalu siapakah boneka misterius yang selalu mengikuti pasangan suami istri ini?


#Review:
Kesuksesan The Conjuring (2013) sebagai salah satu Film Horror Terlaris Sepanjang Masa membuat New Line Cinema & Warner Bros Pictures tertarik untuk membuat sekuel hingga spin-off nya. Di tahun 2014 ini mereka merilis Spin-Off nya yang berjudul Annabelle.
Film dibuka dengan cuplikan ketiga remaja pemilik boneka Annabelle yang tengah diwawancara oleh Ed & Lorraine Warren (persis dengan opening Film The Conjuring) lalu kemudian ceritanya berfokus pada drama yang dihadirkan oleh sepasang suami-istri yang mengalami kejadian kejadian misterius dan sekte aliran sesat yang berkaitan dengan boneka Annabelle. Difilm ini dijelaskan pula mengapa boneka Annabelle ini berhantu dan selalu mengincar anak-anak. Namun sayang semua adegan jump scared nya mayoritas sudah diperlihatkan di Trailernya. Bagi yang mau nonton film ini SANGAT DIANJURKAN untuk TIDAK melihat trailernya karena dijamin bakal mengurangi efek seram dan kaget ketika nonton dibioskop :(( Porsi jump scared nya juga tidak terlalu wah seperti yang dibayangkan. Penyelesaian cerita diending film juga agak dipaksakan jadi terlihat buru-buru untuk selesai #IMHO.
Jajaran casts yang mayoritas pemain baru tampil memuaskan, ekspresi ketakutan nya lumayan meyakinkan. Efek musik yang dihadirkan oleh Joseph Bishara yang merupakan sound editing dari The Conjuring dan Insidious berhasil membuat gelisah ketika nonton. Setting lokasi disebuah Apartemen pun berhasil terlihat menyeramkan berkat efek pencahayaan dan pengambilan gambar yang baik. 
Jika diharuskan membandingkan serem-an mana antara The Conjuring dan Annabelle, saya masih memegang The Conjuring sebagai Horror yang berhasil bikin ketakutan ketika menonton.
Overall, semoga saja Film Annabelle bisa sesukses The Conjuring sebagai Film Horror terlaris ditahun rilisnya, karena jika melihat beberapa Film Horror Hollywood yang rilis tahun 2014 ini belum ada yang bisa menunjukkan "taring" nya ditangga Box Office seperti The Conjuring! I LIKE YOUR DOLL..



[6.5/10Bintang]



[Review] Film ANNABELLE: CREATION (2017) klik disini.

[Trivia] Spoiler Alert! The Conjuring Cinematic Universe disini.

4 comments:

  1. di sini di kisahkan kisah lengkap mengenai boneka annabelle di kehidupan nyata boneka annabelle

    ReplyDelete
  2. keren abis sampeg nggak bisa tidur..
    .

    #boneka annabelle

    ReplyDelete
  3. keren abis sampeg nggak bisa tidur..
    .

    #boneka annabelle

    ReplyDelete