Sunday 12 June 2016

[Review] The Conjuring 2: Terror Enfield Village Menjadi Kasus Terbaru The Warrens



#Description:
Title: The Conjuring 2 (2016)
Casts: Patrick Wilson, Vera Farmiga, Madison Wolfe, Frances O’Connor, Lauren Esposito, Benjamin Haigh, Patrick McAuley, Bob Adrian, Simon McBurney, Maria Doyle Kennedy, Simon Delaney, Franka Potente, Sterling Jerins, Steve Coulter, Joseph Bishara
Director: James Wan
Studio: Warner Bros Pictures, New Line Cinema, RatPac Production


#Trailer:

Official Trailer The Conjuring 2 (2016)


#Synopsis:
Beberapa tahun setelah berhasil menangani kasus Bathsheba yang menimpa keluarga Perron, Dua Cenayang Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) semakin dikenal luas oleh dunia. Kemampuan keduanya tidak diragukan lagi dalam menangani hal-hal supranatural. Semakin tinggi popularitas The Warrens, ternyata masih ada beberapa orang yang tidak mempercayai akan hal-hal supranatural yang ditangani oleh The Warrens. Mereka berpendapat bahwa The Warrens beserta para klien nya adalah hoax belaka.
Di belahan benua lainnya tepatnya di Eropa, didaerah terpencil Inggris yaitu Enfield tinggal seorang ibu single-parent bernama Peggy Hodgson (Frances O’Connor) beserta keempat anaknya yaitu Margareth (Lauren Esposito), Janet (Madison Wolfe), Johnny (Patrick McAuley) dan Billy (Benjamin High). Mereka tinggal disebuah rumah tua pemberian sang mantan suami yang sudah menceraikan Peggy. 
Suatu hari, sepulang sekolah, Janet membawa sebuah papan mainan kematian (ouija) hasil buatan Janet dengan temannya disekolah ke rumah. Iseng, ia mencoba papan itu dikamarnya. Namun hasilnya nihil. Ia tak merasakan aktivitas supranatural yang seperti diharapkan.
Keesokan harinya, seluruh keluarga Peggy mulai mencium bau bau aneh dirumahnya. Janet pun secara ajaib telah berada diruang keluarga lantai bawah pada saat ia terbangun malam hari. Janet dan sang ibu berpendapat kejadian itu hanyalah fenomena ‘sleep-walking’. Seiring berjalannya waktu, hal-hal aneh dan misterius terus dialami oleh Janet. Tak hanya itu saja, adiknya pun merasakan hal yang sama. Billy yang berbicara sedikit gagap melihat dan merasakan salah satu kejadian aneh itu. Hingga puncaknya seluruh keluarga itu benar-benar diganggu oleh penghuni misterius rumah tersebut. Tak hanya keluarga Peggy saja, para tetangga bahkan kepolisian pun bisa merasakan terror supranatural itu. Terror yang dialami oleh keluarga Peggy kemudian menjadi sorotan media di Inggris dan menyebutnya sebagai “Another Amytville In England”.
Beberapa pihak banyak yang beranggapan jika Keluarga Peggy Hudgson ini hoax semata hanya untuk mendapatkan penggantian rumah baru dari pengadilan dan pemerintah. Atas pemberitahuan dari kepolisian setempat, Pendeta Gordon (Steve Coulter) kemudian mengutus Ed dan Lorraine Warren untuk menyelidiki kasus keluarga Peggy di Enfield yang dimana banyak pihak yang kurang mempercayai kasus "Another Amytville in England" ini.
Lorraine awalnya sudah berjanji tidak mau lagi berurusan dengan terror supranatural lantaran ia selalu mendapat penglihatan, sang suami Ed Warren akan tewas ketika sedang menghadapi terror supranatural dari sosok mahluk berwujud biarawati. Namun dengan kepercayaan dan keyakinan yang diberikan oleh sang suami, Lorraine akhirnya bersedia terbang ke London menemani sang suami menyelediki kasus terror keluarga Peggy.
Diluar dugaan, Lorraine dan Ed kali ini kembali harus menghadapi terror supranatural yang cukup kuat. Sosok misterius kali ini bahkan bisa memanipulasi jiwa-jiwa suci dengan kekuatan tergelapnya. Hingga bisa mengaburkan pandangan indera ke-6 Lorraine tentang sosok misterius yang sebenarnya. Akankah The Warrens sanggup menangani kasus keluarga Peggy?



#Review:
James Wan lagi-lagi memberikan standar horror yang baik itu semakin tinggi di era masa kini setelah kemarin sukses besar lewat THE CONJURING (2013) yang menjadi Film Horror Terlaris Sepanjang Masa. Beliau kembali membuktikan “taringnya” dalam membuat sebuah film horror yang menterror psikologis lewat cerita yang sangat kuat, musik yang mengganggu serta adegan horror yang lagi-lagi bakalan akan menjadi memorable sepanjang masa.
Masih setia mengikuti seri pertamanya, THE CONJURING 2 (2016) dibuka dengan cerita singkat tentang terror Amytville yang ditangani oleh The Warrens. Intense ketegangan sudah diberikan secara blak-blakan disini. Padahal film baru banget dimulai. Sungguh edan. Berbeda dengan seri pertamanya dimana intense horror begitu terjaga dan muncul secara perlahan tapi pasti.
Cerita kemudian berlanjut pada fokus cerita utama tentang keluarga Peggy. Disini James Wan kembali menghadirkan kemampuan apiknya meramu sebuah film horror dengan berbagai macam emosi. Kehangatan keluarga Peggy dan Romantisme The Warrens berjalan berbarengan dengan cerita horror yang berkelas. Salah satu hal yang membekas di film horror James Wan adalah adegan jumpscarednya. Di seri keduanya ini, jumpscared sungguh naik berlipat ganda dibandingkan seri pertamanya. Lukisan, lorong sempit hingga mainan anak-anak yang dipadukan dengan pengambilan gambar yang apik dan memukau pun bisa menjadi objek sempurna memberikan sensasi horror milik James Wan ini.
Seri keduanya ini juga memberikan sentuhan baru dibandingkan seri pertamanya yaitu cerita konflik pro-kontra. Sentuhan baru ini membuat film ini semakin menarik untuk disaksikan. Ada satu hal lagi yang membuat THE CONJURING 2 (2016) ini sangat menyenangkan ketika ditonton yaitu setan nya. Setan-setan kreasi James Wan di seri kedua tampil sangat sangat sangat menyeramkan. Mereka adalah Bill Wilkins, The Crooked Man hingga Valak The Demon of Snake yang kemunculannya semakin memperseram THE CONJURING 2 (2016). Meskipun ada satu setan terlihat sangat CGI. Tapi meskipun CGI masih tetap unik dan menyeramkan. Tak henti sampai disitu saja, usai film, James Wan juga memperlihatkan beberapa slide foto dan fakta mengenai Enfield Poltergeist yang merupakan sumber inspirasi terlahirnya THE CONJURING 2 (2016). Totally creepy from the beginning until the end! (Selengkapnya mengenai fakta Enfield Poltergeist bisa disaksikan disini >> https://www.youtube.com/watch?v=3rDzKIZGUL0)
Overall, THE CONJURING 2 (2016) is firstclass horror movie flick evermade and James Wan is master of horror movie maker ever. The Best Horror of The Year!


[9.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment